Reparasi Printer Cannon Pixma


.
Reset Cattrige :

Cannon Pixma IP1800 - IP1900
A.  Harus cek dulu Printer dalam keadaan normal siap reset atau belum.
——————————————————————————————–
Apakah terjadi blinkking (lampu indikator berkedip-kedip) ? kalau terjadi blinking harus di normalkan dulu…   reset software nggak akan bisa mengirimkan data ke printer jadi percuma saja di reset ribuan kali. Bikin capek dan malah tambah pusing.
blinkking bisa terjadi karena

  • tinta habis, —- maka harus di isi dulu..
  • tinta kepenuhan, —- Maka harus di kurangi
  • printer tidak bisa mendeteksi keberadaan catrige, —- Catrige di bersihkan dulu… atau  connector di cattrigenya berkarat, atau malah.. cattrige nya mati….wah kalo yang ini harus beli  catrige baru.
Cattrige PIXMA IP1800 - IP1900
Kalo sudah diisi atau masih ada isinya (di pastikan dulu) tapi blinking. coba lakukan langkah ini.
  1. Cabut semua kabel (kabel power dan USB) di printer.
  2. Dalam keadaan mati tekan tombol power dan jangan di lepas sambil masukkan kabel power ke printer.( “hanya kabel Power”). maka lampu indikator di power akan menyala hijau.
  3. Dengan posisi tombol power masih ditekan..  jari yang lain tekan tombol resume sebanyak 2 kali. tekan pertama..  lampu resume menyala oranye dan tekan ke dua..  lampu resume mati.
  4. Sekarang lepaskan tombol power. (boleh lemaskan jari.. pegel kayaknya)  dan tunggu beberapa saat.
  5. Harusnya sekarang sudah tidak blinkking lagi. bila masih blinkking ulangi langkah pertama. Trus masukkan kabel USB dan usahakan di printer and fax pada CPU dalam keadaan atau status “ready”.
B.  Nah bila sudah tidak blinking lagi kita reset waste ink-nya. caranya :
—————————————————————————————-
  1. Tekan tombol Resume button dan tahan selama 1 – 2 menit ( biasanya hanya 50 detik, dan berhasil nggaknya nggak ada tanda tandanya)
  2. Buka cover printer
  3. Lapas catridge dan pasang kembali catridge ke tempat semula
  4. Tutup cover printer
  5. Turn Off (matikan printernya dan bukan di cabut kabelnya)
  6. Turn On (hidupkan kembali printer anda)
C.  Sekarang secara permanen menggunakan software reseter.
—————————————————————————-
Download di sini :
  1. IpTool.exe — ver 1.1.5 =  IP1800 , IP 1700 , IP1100  masih bisa.  IP1900 tidak bisa.
  2. Resetter_Canon IP1900 =  Lebih komplit tapi sedikit susah.
Reseter 1900 terkadang membuat PC menjadi hang…apa anda mengalami.. he..he.he..
Ada triknya biarpun hang tetap masih jalan… mau tau..?
Sediakan plester atau spidol tdk permanen untuk membuat tanda di layar monitor. kalo lcd cari yang lebih aman untuk membuat tanda di monitor.
Extrak file reseter Cannon IP 1900. Cari file aplikasinya dan buat shortcut di desktop. tutup aplikasi lain.
Buka file aplikasinya yang di tandai dengan ICON bentuk seperti huruf G berwarna kuning dan sedikit pink (pada folder hasil extrak).
Tandai close windownya  (kanan atas warna merah) dan close button  (kanan bawah) dengan penanda tadi (spidol atau stiker atau) Kalau monitor LCD mendingan nggak usah deh..cari penanda yang lebih aman
Kalo sekarang di close nggak bisa bukan berarti hang total.. mouse masih gerak, numlock masih bisa di matikan dan di hidupkan berarti tidak hang. arahkan mouse ke tempat tanda tadi dan tekan berulang ulang sampai terclose tapi terkadang harus di refresh.
Refreshnya seperti ini:
  1. IP1900 atau IP1980 akan terdeteksi dengan nama “IP1800ASA”.
  2. Kalau tidak terdeteksi coba rubah setting di kanan atas pada “USB port” lalu tekan “Device ID” usahakan muncul identitas printernya di kehendaki.
  3. Centang “Cleaning” dan “EPROM Clear” lalu tekan “Test Pattern1″ tunggu sampai muncul kertas hasil test print kmd “Test Pattern2″ kmd dst sampai “Test Pattern3″ lalu tekan “Main” dan “Platen” pada Group wasteink.
  4. Tutup/close reseter kmd cek di printer properties apakah tinta sudah terdeteksi full, kalo belum ulangi lagi.
  5. Usaha ini umumnya  banyak kegagalan karena softwarenya sendiri yang masih mempunyai banmyak BUG di sana sini. jangan nyerah.. karena anda nggak akan berhasil. Rata rata 4-5 kali baru kita bisa berhasil tapi ada yang berulang ulang tidak berhasil, banyak faktornya dari segi User tersebut mempunyai cukup pengalaman dan tidak punya basic teknisi atau tidak, pikiran fresh atau di kejar waktu, dsb.
  6. kalo sudah matikan printer (bukan di cabut kabelnya). Kemudian hidupkan lagi.
Share on Google Plus

About Suherman Satriawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

Popular Posts

About Me

My Photo
Suherman Satriawan
View my complete profile